Senin, 15 Agustus 2011

Keselamatan Dalam Bekerja

Bagaimana pentingnya keselamatan dalam bekerja?. Setiap hari di UK beratus-ratus pekerja menjadi korban kecelakaan industri yang membutuhkan perawatan profesional seorang dokter atau perawat. Beberapa kecelakaan menyengsarakan juga menyakitkan seperti menginjak paku sehingga menusuk kaki yang memerlukan perawatan di rumah sakit. Banyak kecelakaan lainnya yang membutuhkan perawatan cukup lama di rumah sakit. dan sekitar 100 orang meninggal setiap tahunnya akibat kecelakaan industri. Kebanyakan dari kecelakaan tersebut seharusnya dapat dihindari dan merupakan akibat dari kebodohan, kelalaian, dan kelupaan. dan kecerobohan pekerja. Industri konstruksi tercatat sebagai salah satu yang memiliki kecelakaan terburuk. Teknisi listrik adalah bagian (tali industri konstruksi sehingga lebih besar kemungkinannya mengalami kecelakaan dibandingkan pekerja industri lainnya.

Undang-Undang Kesehatan dan keselamatan Kerja 1974

Keselamatan Dalam BekerjaBanyak pemerintahan telah mengeluarkan undang-undang yang ditujukan untuk meningkatkan keselamatan dalam bekerja namun yang terkini dan terpenting adalah Undang-undang Kesehatan dan Keselamatan Kerja 1974. Tujuan dari undang-undang ini adalah menyediakan kerangka hukum untuk menstimulasi dan mendorong standar tinggi dalam kesehatan dan keselamatan dalam bekerja.
Undang-undang ini meletakkan tanggung jawab keselamatan dalam bekerja baik pada pekerja maupun manajer. Perusahaan memiliki kewajiban untuk memperhatikan kesehatan dan keselamatan pekerjanya (bagian 2 dari Undang-undang). Untuk melaksanakan ini perusahaan harus memastikan bahwa:
- Kondisi pekerjaan dan standar kesehatan memadai;
- Pabrik. alas. dan peralatan dijaga dengan benar:
- Peralatan keselamatan yang dibutuhkan — seperti peralatan pelindung perorangan, penghilang debu dan gas. dan pelindung mesin — tersedia dan digunakan dengan benar;
- Pekerja terlatih untuk menggunakan peralatan dan pabrik dengan aman.
Pekerja berkewajiban menjaga kesehatan dan keselamatan diri mereka sendiri dan pekerja lainnya yang mungkin terpengaruh oleh kegiatan mereka (Bagian 7 dan Undang-undang). Untuk melaksanakan hal ini mereka harus
- Memberikan perhatian sepenuhnya untuk menghindari mencederai diri mereka sendiri atau orang lain sebagai akibat dari aktivitas pekerjaan mereka.
- Bekerjasama dengan majikan mereka, membantunya untuk memenuhi persyaratan dari Undang-undang.
- Tidak mencampuri atau menyalahgunakan segala sesuatu yang disediakan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan mereka.
Gagal dalam mematuhi Undang-undang Kesehatan dan Keselamatan Kerja merupakan tindakan pidana dan pelanggaran terhadap hukum yang dapat menyebabkan denda yang tinggi, yaitu hukuman penjara atau keduanya.

PENEGAKAN

Hukum dan peraturan harus ditegakkan agar menjadi efektif. Sistem pengontrol di bawah Undang-undang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dibentuk oleh Eksekutif Kesehatan dan Keselamatan (Health and Safety Executive — HSE) yang bertugas menegakkan hukum tersebut. HSE dibagi menjadi sejumlah inspektur spesialis atau seksi-seksi yang beroperasi dari kantor lokal di seluruh UK. Dari kantor lokal inspektur mengunjungi tempat-tempat kerja individu.
Inspektur HSE telah diberi kekuasaan luas untuk membantu mereka dalam menegakkan hukum. Mereka dapat:
1. memasuki wilayah inspeksi tanpa pemberitahuan dan
melakukan penyelidikan. melakukan pengukuran atau pemotretan;
2. mengambil pernyataan dari individu-individu;
3. mengecek catatan dan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan oleh peraturan;
4. memberi informasi dan nasehat kepada pihak perusahaan atau pekerja mengenai keselamatan di tempat kerja;
5. menuntut pembongkaran atau penghancuran peralatan, material, atau bahan apa pun yang kemungkinan akan segera menyebabkan kecelakaan serius;
6. mengeluarkan peringatan perbaikan yang mengharuskan pihak perusahaan untuk menghentikan haknya, dalam periode waktu yang tertentu. karena pelanggaran kecil terhadap peraturan;
7. mengeluarkan peringatan larangan yang mengharuskan pihak perusahaan secepatnya menghentikan semua aktivitas yang besar kemungkinan akan menimbulkan kecelakaan serius dan akan ditegakkan kembali sampai keadaannya terkendali.
8. menuntut semua orang yang tidak mematuhi kewajiban keselamatan mereka, termasuk perusahaan, pekerja, perancang, pabrikan, penyedia suplai, dan pekerja mandiri.

DOKUMEN KESELAMATAN DALAM BEKERJA

Dalam Undang-undang Kesehatan dan Keselamatan Kerja, perusahaan bertanggung jawab untuk memastikan instruksi dan informasi yang cukup telah diberikan kepada pekerja agar mereka sadar akan keselamatan. Bagian 1 seksi 3 dari Undang-undang memerintahkan semua perusahaan untuk menyiapkan sebuah pernyataan tertulis tentang kebijaksanaan kesehatan dan keselamatan serta untuk mengingatkan pekerjanya akan hal ini.
Untuk mempromosikan ukuran kesehatan dan keselamatan yang memadai perusahaan harus berkonsultasi dengan perwakilan keselamatan pekerja. Dalam perusahaan yang mempekerjakan lebih dad 20 orang hal ini biasanya dilakukan dengan membentuk suatu komite keselamatan yang terdiri dari petugas keselamatan dan wakil para pekerja. yang biasanya dinominasikan oleh serikat kerja. Petugas keselamatan biasanya dipekerjakan dengan waktu penuh dalam tugasnya. Perusahaan-perusahaan kecil biasanya mempekerjakan seorang pengawas keselamatan, yang juga memiliki tugas lain di dalam perusahaan. atau selain itu. mereka dapat bergabung dengan sebuah ‘grup keselamatan’. Grup keselamatan kemudian berbagi biaya untuk mempekerjakan seorang penasehat keselamatan atau petugas keselamatan yang akan mengunjungi setiap perusahaan secara bergiliran. Seorang pekerja yang mendapati kondisi membahayakan harus terlebih dahulu melapor pada perwakilan keselamatan di lokasi. Perwakilan keselamatan kemudian harus memberitahukan keadaan berbahaya tersebut kepada komite keselamatan agar melakukan tindakan yang dapat menghilangkan bahaya tersebut. Ini mungkin berarti mengganti kebijakan atau prosedur perusahaan atau membuat modifikasi terhadap peralatan. Semua tindakan dad komite keselamatan harus didokumentasikan dan dicatat sebagai bukti bahwa perusahaan menganggap serius kebijakan kesehatan dan keselamatannya.
Di bawah payung perlindungan umum dari Undang-undang Kesehatan dan Keselamatan Kerja, bagian lain dari peraturan juga akan mempengaruhi mereka yang bekerja dalam industri kontraktor listrik.

sumber : requestartikel.comhttp://requestartikel.com/keselamatan-dalam-bekerja-2011081637.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More